Berita dan Pengumuman Umum

May 1, 2010

Tempat Wisata

Objek wisata apa yang akan Anda kunjungi jika Anda pergi ke Cilacap? Pantai Widarapayung, Pantai Jetis, Nusa Kambangan, atau Teluk Penyu adalah jawaban yang sangat wajar. Tetapi, apakah tidak pernah terbayang jawaban “Pantai Selok”?

Terletak di ujung selatan Pulau Jawa, keberadaan Pantai Selok terkadang tidak disadari oleh kebanyakan penduduk Jawa Tengah. Ketidaktahuan ini menyebabkan pantai yang sebenarnya cukup elok ini sepi pengunjung. Tak ada yang menyadari pesona pantai yang terletak tak jauh dari Gunung Selok ini. Memang, beberapa tahun lalu pantai ini seakan-akan tidak ada apa-apanya. Padahal, objek wisata yang terletak di dekat Gunung Srandil ini kini menyimpan sejuta pesona yang siap memanjakan wisatawan yang mengunjunginya.

Sekarang, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap sedang mengembangkan objek wisata Pantai Selok. Berbagai fasilitas telah ditambahkan untuk meramaikan objek wisata ini. Di antaranya adalah Penyewaan Motor ATV, Bola Gila, Sepeda Air, dan Kolam Renang. Wahana anak seperti Mandi Bola pun kini telah tersedia. Warung makanan juga  sudah  mulai menjamur di jalanan.

Bagi wisatawan yang ingin bertapa atau dalam bahasa Jawa disebut nepi pun ada Goa Nagaraja. Goa ini sangat terkenal bagi para pertapa. Selain lokasinya yang memang dekat dengan Gunung Selok yang juga merupakan tempat pertapaan yang terkenal, di dalamnya pun ada sebuah kolam yang airnya dipercaya member berkah.

Bagi pecinta alam yang ingin menginap atau mengenal lebih dekat dengan alam, Pantai Selok juga merupakan tempat yang cocok. Suasananya yang masih asli dan jauh dari pemukiman membuatnya sangat strategis.

Bagi wisatawan yang hobby memancing, tempat ini juga sangat ideal. Pertemuan dua arus, yaitu arus dari Sungai Serayu dan dari laut sendiri membuat di sini terdapat bebagai jenis ikan air tawar, air laut, dan air payau seperti blanak, terongan, ikan buntal, dan lain-lain.

Bagi wisatawan yang hanya ingin jalan-jalan atau melihat pemandangan pun tempat ini sangat cocok. Pantainya yang masih bersih serta udaranya yang segar siap memanjakan panca indera pwngunjungnya. Keelokan Gunung Selok, keindahan Laut Jawa, serta hamparan Pantai Selok yang indah siap mencuci mata pengunjungnya.

Terkadang, orang sebenarnya ingin berwisata ke pantai ini. Tetapi, mereka gengsi. Mereka berpikir objek wisata ini tidak terkenal dan kurang berkelas. Seandainya Pemerintah Daerah Cilacap lebih mempromosikan pantai ini, tentu pada akhirnya, pantai ini bias menjadi terkenal seperti Pantai Widarapayung.